FUNGSI KEKUATAN DAN KELEMAHAN MEDIA PENGAJARAN


FUNGSI  KEKUATAN DAN KELEMAHAN MEDIA PENGAJARAN

Di bawah ini akan dikemukakan, fungsi, kekuatan dan kelemahan dari beberapa media pengajaran.

1.   Media Visual

a.   Gambar Diam dan Grafis (Bagan dan Grafis)

Fungsi media Bagan dan Grafis :

Ÿ  Untuk menggambarkan data kuantitatif secara teliti;

Ÿ  Menerangkan perkembangan dan perbandingan suatu obyek atau peristiwa yang berhubungan dengan secara singkat dan jelas.

Keunggulan Media Bagan dan Grafis

Ÿ  Memberi informasi secara simbolis

Ÿ  Memperjelas dan memudahkan menangkap data kuantitatif yang rumit

Ÿ  Dapat menggambarkan pertumbuhan atau perkembangan suatu peristiwa atau objek dari waktu ke watu.

 

Kelemahan Media Bagan dan Grafik

Ÿ  Memerlukan keterampilan khusus untuk merancang dan membuat bagan dan grafik secara benar, menarik dan simpel.

 

b.   Peta dan Globe

Fungsi peta dan globe :

Ÿ  Menyajikan data-data lokasi, jarah, arah, wilayah, daratan, lautan, kepulauan.

Ÿ  Menggamarkan secara visual tentang permukaan bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi.

 

Keunggulan Peta dan Globe :

Ÿ  Memberi pengetahuan pada peserta didik tentang posisi dari kesatuan politik, keadaan alam, daerah kepulauan, dll.

Ÿ  Merangsang minat belajar peserta didik terhadap penduduk dan keadaan geografis.

Ÿ  Mengkonkritkan pesan-pesan yang abstrak.

Ÿ  Memahami kejadian-kejadian di muka bumi, bentuk bumi, distribusi penduduk, tumbuh-tumbuhan, dsb.

Ÿ  Memperjelas pengetahuan peserta didik tentang wilayah.

 

Kekurangan Peta dan Globe :

Ÿ  Memerlukan kemampuan khusus dalam membaca peta

Ÿ  Rumit karena banyak menggunakan simbol-simbol, garis-garis, dll.

 

c.   Photo/Gambar

Fungsi Photo/Gambar :

Ÿ  Menjelaskan suatu fakta yang berupa peristiwa/kejadian keadaan:

Ÿ  Keunggulan

Ÿ  Menunjukkan peristiwa dan keadaan secara realistik dan kongkrit

Ÿ  Dapat mengatasi keterbatasan ruang dan waktu

Ÿ  Murah dan gambar digunakan

 

Kelemahan Photo/Gambar :

Ÿ  Tidak dapat dirasakan secara nyata suasana sebenarnya

Ÿ  Menekankan kemampuan indera penglihatan

Ÿ  Untuk kelas yang jumlah peserta didiknya besar sangat sulit karena terbatas ukurannya.

Ÿ  Dapat hilang, mudah rusak, dan musnah bila tidak dirawat dengan baik sehingga memerlukan perawatan yang intensip.

 

d.   Poster

Fungsi Poster:

Ÿ  Menarik minat peserta didik terhadap pesan-pesan spanduk

Ÿ  Mencari dukungan tentang suatu hal/gagasan

Ÿ  Metode peserta didik untuk tertarik dan melaksanakan pesan yang terpampang dalam spanduk.

 

 

Keunggulan Poster:

Ÿ  Dapat dipasang dimana saja terutama ditempat-tempat strategis dan ramai baik di dalam kelas, di luar kelas ataupun di jalan-jalan;

Ÿ  Dengan bahasa yang simpel, padat dan menarik, memudahkan pemahaman peserta didik terhadap suatu pesan

Ÿ  Dapat disimpan dan digunakan lagi pada kesempatan lain

Ÿ  Dapat membantu daya ingat peserta didik.

 

Kekurangan Poster:

Ÿ  Diperlukan keahlian dalam bahasa dan ilustrasi dalam membuat poster

Ÿ  Dapat menimbulkan salah tafsir dari kata-kata/simbol yang singkat.

 

2.   Overhead Projector/Transparancies

Keunggulan OHP :

Ÿ  Memungkinkan guru selalu dapat bertatap muka dengan peserta didik dan memonitor situasi belajar mengajar.

Ÿ  Dapat menjangkau kelompok sasaran yang cukup besar

Ÿ  Tidak memerlukan ruangan yang terlalu gelap sehingga ada kesempatan peserta didik untuk mencatat

Ÿ  Dapat dijadikan pedoman mengajar guru

Ÿ  Dapat digunakan kembali untuk situasi pengajaran yang lain

Ÿ  Memiliki kemampuan untuk menampilkan warna

Ÿ  Mudah penggunannya.

Ÿ  Bahan-bahan dapat dibuat salinannya dengan cara memphoto copy

Ÿ  Transparan dapat dihapus dan digunakan kembali

Ÿ  Kecepatan belajar peserta didik dapat dikontrol oleh pengajar.

 

Kekurangan OHP

Ÿ  Harus menggunakan transparan dan alat tulis tertentu

Ÿ  Susah mengatur cara penyimpannya

Ÿ  Tata urutan penyajian mudah tertukar dan kacau.

 

3.   Media Papan

a.   Papan Tulis

Fungsi Papan Tulis:

Ÿ  Membantu guru menjelaskan konsep-konsep, gagasan-gagasan melalui tulisan di papan tulis.

 

Keunggulan Papan Tulis:

Ÿ  Murah dan mudah penggunaannya

Ÿ  Dapat digunakan dan dipahami pada semua tingkat sekolah mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi.

Ÿ  Materi dapat disiapkan sebelumnya

 

Kekurangan Papan Tulis

Ÿ  Menimbulkan polusi dan gangguan penyakit karena debunya

Ÿ  Membelakangi peserta didik pada waktu menulis sehingga tidak mengetahui aktivitas peserta didik sebenarnya

Ÿ  Menhamburkan waktu hanya untuk menulis di papan tulis, bila papan tulis digunakan hanya untuk menyalin bahan dari buku.

 

b.   Papan Flanel

Fungsi Papan Flanel:

Ÿ  Memvisualisasikan suatu gagasan melalui penempatan huruf-huruf, gambar-gambar, dan simbol-simbol lainnya.

Ÿ  Sebagai arena permainan untuk melatih keberanian dan keterampilan peserta didik dalam memilih bahan tempel yang cocok.

Ÿ  Menyalurkan bakat dan minat peserta didik dalam menggambar, membuat karya tulis dan lain-lain.

Keunggulan Papan Flanel:

Ÿ  Memotivasi dan mengaktifkan peserta didik belajar

Ÿ  Dapat digunakan dan dipahami pada semua tingkat sekolah mulai dari TK sampai Perguruan Tinggi.

Ÿ  Mudah membuatnya dan dapat dirancang oleh guru, peserta didik atau kerjasama antara keduanya.

Ÿ  Digunakan untuk berbagai bidang studi/mata pelajaran

Ÿ  Isi pesan mudah diganti-ganti

 

Kekurangan Papan Flanel:

Ÿ  Mudah rusak bila tidak dirawat secara teratur

Ÿ  Memerlukan keterampilan dan ketekunan.

 

4.   Media Audio

a.   Radio

Fungsi Radio:

Ÿ  Melatih kemampuan mendengarkan selain kemampuan menguasai bahan yang disiarkan.

 

Keunggulan Radio:

Ÿ  Telah memasyarakat dan hampir semua peserta didik memilikinya

Ÿ  Mudah dibawa-bawa/portabel dan sangat baik untuk melatih daya pendengaran serta daya imajinasi

Ÿ  Mengatasi batas ruang dan waktu.

 

Kekurangan Radio:

Ÿ  Komunikasi bersifat satu arah

Ÿ  Sulit mengintegrasikan dengan jadwal di kelas

Ÿ  Siaran terpusat sehingga sulit mengontrolnya

Ÿ  Berlaku hanya satu kali/tidak dapat diulang-ulang kecuali direkam

 

b.   Kaset dan Tape Recorder

Fungsi Kaset dan Tape Recorder:

Ÿ  Memberi rangsangan pada pendengaran

Ÿ  Menciptakan variasi situasi belajar mengajar

Ÿ  Menjelaskan konsep prosedur yang tidak dikuasai guru dengan memakai orang ahli.

 

Keunggulan Kaset dan Tape Recorder:

Ÿ  Dapat digunakan dimana saja

Ÿ  Dapat digunakan di semua tingkatan sekolah

Ÿ  Mudah pengoperasiannya

Ÿ  Mudah dijadwalkan di kelas

Ÿ  Dapat menggantikan kehadiran guru untuk sementara

Ÿ  Dapat diputar ulang, dihapus dan direkam

 

Kekurangan Kaset dan Tape Recorder:

Ÿ  Memerlukan perawatan secara baik terhadap semua perangkat

Ÿ  Kaset mudah rusak

 

4.   Media Audio-Visual

a.   Televisi

Fungsi Televisi:

Ÿ  Memberikan pengalaman belajar secara visual, maupun secara audial

Ÿ  Menumbuhkan minat peserta didik terhadap pelajaran

Ÿ  Memudahkan pemahaman dan pengertian tentang suatu konsep, kejadian serta keterampilan.

 

Kelebihan Media TV:

Ÿ  Memberikan pengalaman belajar yang sama kepada setiap peserta didik yang menontonnya

Ÿ  Peserta didik dapat mengetahui kejadian-kejadian di tempat lain

Ÿ  Peserta didik memperoleh pengalaman belajar baru

Ÿ  Peserta didik dapat lebih kritis dalam belajarnya

Ÿ  Media TV dapat digunakan untuk kelas besar mapun kelas kecil

Ÿ  Media TV adalah media yang dapat memberikan informasi-informasi ”up to date”

Ÿ  Media TV dapat menjangkau jarak yang luas

Ÿ  Media TV dapat direkam

Ÿ  Media TV dapat memungkinkan guru berada di dua tempat dalam waktu yang sama.

 

Kekurangan Media TV:

Ÿ  Acara/isi pelajaran di TV kadang tidak menarik peserta didik karena siarannya membosankan dan peserta didik dapat pindah channel.

Ÿ  Media TV memungkinkan peserta didik lalai dan kehilangan perhatian

Ÿ  Media TV membuat peserta didik pasif

Ÿ  Sulit menjadwalkannya di kelas karena tidak ada koordinasi penyiaran pelajaran di TV dengan jam sekolah

 

5.   Media Benda Asli:

Fungsi Media Benda Asli:

Ÿ  Memberi pengalaman nyata dalam kehidupan

Ÿ  Menarik minat belajar

 

Kekuatan Media Benda Asli:

Ÿ  Benda asli memberi pengalaman yang sangat berharga  karena langsung dalam dunia sebenarnya

Ÿ  Benda asli memiliki ingatan yang tahan lama dan sulit dilupakan

Ÿ  Pengalaman nyata dapat membentuk sikap mental dan emosional yang positif terhadap hidup dan kehidupan

Ÿ  Benda asli dan model dapat dikumpulkan dan dicari

Ÿ  Benda asli dapat dikoleksi orang.

 

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA SILAHKAN DOWNLOAD DI SINI

 

About these ads

2 responses to “FUNGSI KEKUATAN DAN KELEMAHAN MEDIA PENGAJARAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: