PENGELOLAAN KELAS


PENGELOLAAN  KELAS

-     Pengelolaan tempat belajar

Pengelolaan benda/obyek yang ada dalam ruang belajar seperti, meja, kursi, pejangan sebagai hasil Karya siswa, perabot sekolah, dan sumber belajar yang ada dalam kelas.

 

-     Pengelolaan Siswa

Pengelolaan siswa dalam bentuk individu, berpasangan, kelompok kecil, klasikal. Pengeloaan siswa dengan dasar  pertimbangan:

1. jenis kegiatan

2. tujuan kegiatan,

3. keterlibatan siswa,

4. waktu belajar

5. ketersediaan sarana/prasarana.

 

Faktor keberagaman Pengelolaan siswa
Isi (by content) Memberikan peluang kepada siswa untuk mempelajari materi yang berbeda dalam sasaran kompetensi yang sama ataupun berbeda
Minat dan motivasi siswa (by interest) Memberikan peluang kepada siswa untuk berkreasi sesuai dengan minat dan motivasi belajar terlepas dari kompetensi yang sama atau berbeda
Kecepatan tahapan belajar (by pace) Memberikan peluang kepada siswa untuk belajar (bekerja) sesuai dengan kecepatan belajar yang dimilikinya
Tingkat kemampuan(by level) Memberikan peluang kepada setiap siswa untuk mencapai kompetensi secara maksimal sesuai dengan tingkat kemampuan yang dimilikinya
Reaksi yang diberikan siswa (by respond) Memberikan kesempatan atau peluang kepada siswa untuk menunjukkan respon melalui presentasi/penyajian hasil karyanya secara lisan, tertulis, benda kreasi, dan sebagainya
Siklus dan cara berpikir (by circular sequence) Memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk menguasai materi melalui cara-cara berdasarkan perspektif yang mereka pilihStruktur pengetahuan Memberikan kesempatan kepada siswa untuk memilih (menyeleksi) materi berdasarkan cara yang dikuasai, misal dari mudah ke sulit, dari yang diketahui ke yang tidak diketahui, dari yang dekat ke jauh
Waktu (by time) Memberikan perhatian kepada setiap individu siswa yang kemungkinannya memiliki perbedaan durasi untuk mencapai ketuntasan dalam belajar
Pendekatan Pembelajaan (by teaching style) Memberikan perlakuan yang berbeda kepada setiap individu sesuai dengan keadaan siswa

Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran

Tiga hal yang strategis yang perlu dikuasai guru dalam Pengelolan Kelas

n  Penyediaan pertanyaan yang mendorong berpikir dan berproduksi, maksudnya merangsang siswa menggunakan gagasan sendiri dalam menjawab, bukan mengulangi gagasan yang sudah dikemukakan guru.

n  Penyediaan umpan balik yang bermakna. Umpan balik adalah respon/reaksi guru terhadap prilaku siswa.Umpan balik yang baik adalah respon guru yang bersifat tidak memvonis

n  Penyedian penilaian yang memberi peluang semua siswa mampu melakukan unjuk kerja.Contohnya Penilaian berbasis kelas

PENGELOLAAN ISI/MATERI PEMBELAJARAN

Kegiatan guru dalam menyiapkan rencana operasional KBM dalam wujud penyiapan silabus pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran tematik

MASALAH-MASALAH DALAM PENGELOLAAN KELAS

-  INDIVIDUAL

1.mencari perhatian

2. mencari kekuasaan

3. menuntut balas

4. memperlihatkan ketidak mampuan.

MASALAH KELOMPOK

n  Kekurang kompakan

n  Kekurang mampuan mengikuti peraturan kelompok

n  Penerimaan kelas atas tingkah laku yang menyimpang

n  Reaksi negatif terhadap sesama anggota kelompok

n  Gangguan atas kelancaran kegiatan kelompok

n  Ketiadaan semangat

n  Ketidak mampuan menyesuaikan diri dg. lingkungan

PENDEKATAN DALAM PENGELOLAAN KELAS

¢  Pengubahan tingkah laku

- Prinsip pokok adalah semua tingkah laku itu dipelajari, baik tingkah laku yang disukai maupun tidak disukai.

Anggapan Dasar :

Ø  Empat proses yang perlu diperhitungkan dalam belajar pada segala tingkatan umur dan keadaan (penguatan positif, penghukuman, penghilangan, dan penguatan negatif)

Ø  Proses belajar itu baik sebagian maupun seluruhnya dipengaruhi oleh kejadian yang berlangsung di lingkungan

-   Penguatan positif: pemberian ganjaran setelah ditampilkan tingkah laku yang dimaksud, mengakibatkan ditingkatkannya frekuaensi pemunculan tingkah laku yang dimaksud.

-   Penghukuman: menampilkan perangsang yang tidak diinginkan atau tidak disukai setelah dilakukannya suatu perbuatan tertentu yang menyebabkan frekuensi pemunculan tingkah laku itu menurun

-   Penghilangan: menahan ganjaran yang diharapkan akan diberikan seperti yang sudah-sudah (menahan pemberian penguatan positif).

-   Penguatan negatif: peniadaan perangsang yang tidak mengenakkan atau tidak disukai (yaitu hukuman) setelah ditampilkannya suatu tingkah laku yang mengakibatkan menurunnya frekuensi tingkah laku yang dimaksud.

Pendekatan Iklim Sosio-Emosional

Berlandaskan pada: psikologi konseling & psikologi klinis.

Pengelolaan kelas dan pengajaran akan efektif merupakan fungsi yang positif antara guru dg siswa, siswa dg siswa. Guru adalah penentu utama dari hubungan interpersonal dan iklim kelas. Tugas pengelolaan adalah, membangun hubungan interpersonal dan mengembangkan iklim sosio-emosional yang positif.
Jika guru ingin membantu siswa belajar secara opimal maka guru bersikap:

  1. Terbuka / tidak berpura-pura
    2. Sikap menerima,
    3. Menghargai
    4. Percaya pada siswa
    5. mengerti dengan penuh sempati.

Pendekatan Proses Kelompok

Landasannya: psikologi sosial & dinamika kelompok, dengan pokok pikiran:

  1. Kegiatan sekolah berlangsung dalam     suasana kelompok
  2. Tugas Guru adalah, mengembangkan dan mempertahankan suasana kelompok kelas yang efektif dan produktif.
  3. kelompok kelas adalah sistem sosial yang memiliki ciri sama dengan sistem sosial lain.
  4. Tugas pengelola kelas adalah, mengembangkan dan mempertahankan kondisi yang dimaksud.

Ada  enam unsur dalam pengelolaan kelas

1. Harapan
2. Kepemimpinan,
3. Kemenarikan
4. Norma
5. Komunikasi
6. Keeratan hubungan

Pengelolaan Pencegahan (Preventif)

¢  Peningkatan kesadaran diri sebagai guru

¢  Peningkatan kesadaran siswa

¢  Sikap tulus dari guru

¢  Mengenal dan menemukan alternatif pengelolaan

¢  Membuat kontrak sosial

Pengelolaan Penyembuhan (Kuratif)

•      Mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan

•      Analisis masalah, sumber dan penyebabnya

•      Menentukan rencana pemecahan

•      Memilih yang terbaik

•      Tindak lanjut

SILAHKAN DOWNLOAD FILE DISINI

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: