METODE PEMECAHAN MASALAH


METODE PEMECAHAN MASALAH

Tujuan

Mampu mengaplikasikan strategi penyelesaian masalah ke berbagai situasi yang berbeda.

A.  Makna Permasalahan

Masalah adalah suatu yang kita hadapai dan tidak bisa dijawab langsung sebab masih harus menyeleksi informasi (data) yang kita peroleh

Jenis Masalah

  1. Masalah Transalasi

Masalah translasi merupakan masalah kehidupan sehari-hari yang untuk menyelesaikan perlu translasi dari bentuk Verbal ke bentuk matematika. Misalnya Handi ingin membeli dua lusin buku tulis harga setiap lusinnya Rp. 12.000, berapakah ia harus mengeluarkan uang?

  1. Masalah Aplikasi

Masalah aplikasi memberikan kesempatan siswa untuk menyelesaikan masalah dengan menggunakan bermacam-macam keterampilan dan prosedur matematik.

Misalnya : Dita ingin membeli  sebuah baju di toko A dengan harga Rp. 30.000 dengan potongan 5%, dan di toko lainnya ia temukan baju yang sama dengan harga Rp. 35.000 dengan potongan harga 10%. Bila ia bertekad untuk memiliki baju tersebut, baju di toko mana yang dibeli?.

  1. Masalah Proses

Masalah proses biasanya untuk menyusun langkah-langkah merumuskan pola dan strategi khusus dalam menelesaikan masalah. Masalah ini memberi manfaat bagi siswa untuk membiasakan diri dengan strategi penyelesaian masalah. Misalnya : siswa menggunakan metode mencari pemecahan masalah dengan tabel.

  1. Masalah Teka-teki

Masalah teka-teki dimaksudkan untuk rekreasi dan kesenangan serta sebagai alat yang bermanfaat untuk mencapai tujuan efektif dalam pelajaran matematika. Misalkan jika dua buah dadu dilempar bersamaan sebanyak satu kali berapakah peluang munculnya angka kembar?

Langkah-langkah Penyelesaian Masalah

1.      Pemahaman terhadap permasalahan?

Bagaimanan kreteria memahami suatu masalah ?

a.       Bacalah ulang masalah tersebut. Pahami kata demi kata, kalimat demi kalimat.

b.      Identifikasikan apa yang diketahui dari masalah tersebut.

c.       Identifikasikan apa yang hendak dicari.

d.      Abaikan hal-hal yang tidak relevan dengan permasalahan.

e.       Jangan menambahkan hal-hal yang tidak ada sehingga masalahnya menjadi berbeda dengan masalah yang kita hadapi.

Contoh : Di dalam sebuah kuis pesertanya diharapkan mengambil dua buah bola yang berwarna emas untuk mendapatkan hadiah utama game itu, di mana di dalam kantung tersebut terdapa 6 bola dengan bola emas 2 buah

Ali menyimpan bajunya yang berwarna putih dan biru dalam satu almari dan di dalam almari itu ia menyimpan delapan baju berwarna putih dan dua berwarna biru. Berapakah harus diambil ali paling sedikit dari almari tanpa melihat, sehingga ia mendapatkan dua baju yang sama warnanya

Jwab

Data yang tidak relevan dalam masalah tersebut adalah banyaknya baju yang diambil ali untuk mneylesaiakan masalah ini, kita analisis apa yang terjadi ketika alai mengambil bajunya

  1. perencanaan penyelesaian masalah
  2. Melaksanakan Perencanaan Penyelesaian Masalah
  3. memahami Masalah
  4. melaksanakan perencanaan

Pelatihan Memecahkan Masalah dengan beberapa strategi

1. Membantu Siswa agar Menyelesaikan Masalah

Berikan masalah stiap hari dan bahkan jika dimungkinkan setiap jam pelajaran matematika dengan langkah-langkah berikut :

a.       Melatih siswa membaca masalah.

2. Menyajikan Aktivitas untuk Menyelesaiakn Masalah

a.       Berikan masalah stiap hari dan bahkan jika dimungkinkan setiap jam pelajaran

 

SILAHKAN DOWLOAD FILE DI SINI

 

 

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: