AKTIVITAS-AKTIVITAS BELAJAR SISWA



AKTIVITAS-AKTIVITAS BELAJAR  SISWA

 

NO INDIKATOR DESKRIPTOR SKOR
A Antusiasme siswa dalam pembelajaran 1.    siswa memperhatikan penjelasaan guru selama proses pembelajaran berlangsung

2.    siswa spontan bekerja apabila diberikan persoalan

3.    siswa tidak terpengaruh situasi diluar kelas selama proses pembelajaran

  • Tiga deskriptor tampak skor = 3
  • Dua deskriptor tampak skor = 2
  • Satu deskriptor tampak skor = 1
  • Tidak ada  deskriptor tampak skor = 0

 

B Interaksi siswa dengan guru 1.    Siswa memperhatikan penjelasan guru selama proses pembelajaran berlangsung

2.    Siswa spontan bekerja apabila diberikan persoalan

3.    Siswa tidak terpengaruh situasi diluar kelas selama proses pembelajara berlangsung

  • Tiga deskriptor tampak skor = 3
  • Dua deskriptor tampak skor = 2
  • Satu deskriptor tampak skor = 1
  • Tidak ada  deskriptor tampak skor = 0
C Interaksi antar siswa 1.    Siswa bertanya dengan temannya terkait dengan hal yang belum dimengerti

2.    Siswa berusaha menjawab pertanyaan temannya

3.    Siswa mencoba memperbaiki kesalahan temannya dalam memecahkan masalah

  • Tiga deskriptor tampak skor = 3
  • Dua deskriptor tampak skor = 2
  • Satu deskriptor tampak skor = 1
  • Tidak ada  deskriptor tampak skor = 0
D Kerjasama kelompok 1.    Siswa berusaha membantu temannya yang mengalami kesulitan

2.    Siswa bekerja sesuai dengan hasil diskusi dengan temannya

3.    Siswa mencatat hasil pekerjaan kelompoknya

  • Tiga deskriptor tampak skor = 3
  • Dua deskriptor tampak skor = 2
  • Satu deskriptor tampak skor = 1
  • Tidak ada  deskriptor tampak skor = 0

 

E Aktivitas siswa dalam diskusi kelompok 1.    Siswa mengungkapkan pendaptnya dalam diskusi

2.    Siswa berusaha memperbaiki pendapat temannya yang kurang tepat

3.    Siswa memecahkan masalah dalam diskusi

  • Tiga deskriptor tampak skor = 3
  • Dua deskriptor tampak skor = 2
  • Satu deskriptor tampak skor = 1
  • Tidak ada  deskriptor tampak skor = 0

 

F Usaha siswa dalam mengikuti pembelajaran 1.    Siswa mencatat penjelasan guru atau siswa lain

2.    Siswa mengacungkan tangan untuk maju memecahkan masalah

3.    Siswa berusaha memecahkan masalah yang diberikan guru

  • Tiga deskriptor tampak skor = 3
  • Dua deskriptor tampak skor = 2
  • Satu deskriptor tampak skor = 1
  • Tidak ada  deskriptor tampak skor = 0

 

G Partisipasi siswa dalam menyimpulkan materi pembelajaran 1.    Siswa membuat kesimpulan dalam kelompok

2.    Siswa mengacungkan tangan untuk menyampaikan kesimpulan

3.    Siswa mencatat kesimpulan dari kelompoknya, kelompok lain dan dari guru.

  • Tiga deskriptor tampak skor = 3
  • Dua deskriptor tampak skor = 2
  • Satu deskriptor tampak skor = 1
  • Tidak ada  deskriptor tampak skor = 0

 

 


Kriteria Penggolongan Aktivitas Belajar Siswa

Skor Kriteria
X ≥ 15,75 Sangat aktif
12 < X ≤ 15,75 Aktif
8,75< X ≤ 12 Cukup aktif
5,25< X ≤ 8,75 Kurang aktif
X < 5,25 Sangat kurang aktif

Keterangan :

X = Jumlah skor aktivitas belajar  siswa

About these ads

One response to “AKTIVITAS-AKTIVITAS BELAJAR SISWA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: