RPP IPA kelas V SD


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP)

 

Nama Sekolah           :

Kelas / Semester        :   V /  I

Tema                          :   Air

Hari                            :

Tanggal                      :

Alokasi waktu            :   2 x 35 Menit

Tahap Perencanaan

A. Standar Kompetensi

1.      Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam (IPA).

 

B. Kompetensi Dasar

1.      Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia yang dapat mempengaruhinya (IPA).

 

C. Indikator

1.      Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar dan Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air (IPA)

D. Alat Bantu

Buku / sumber bacaan

 

E. Langkah-langlah

Menetapkan konsep-konsep yang hendak diketahui siswa.

Pengetahuan tentang air dan pentingnya air bagi kehidupan dan perlu dijaga kebersihannya dan perlu diperhatikan kualitasnya untuk kehidupan.

Menetapkan Pertanyaan  Kunci

a)      Sebutkan manfaat air bagi kehidupan?

b)      Sebutkan kerugian-kerugian apa yang ditimbulkan dari air?

v  Langkah pembelajaran

a)      Guru memperlihatkan 1 gelas air kepada siswa

b)      Guru menyuruh siswa mengamati dan menentukan tema dari air

c)      Guru bersama dengan siswa menentukan tema-tema yang akan dipelajari berdasarkan media yang telah diberikan

d)      Membagi siswa kedalam tiga kelompok belajar

e)       Guru bersama siswa membuat kontrak kerja yang akan dikerjakan setiap kelompok

F. Tahap Pelaksanaan

Tahapan Kegiatan Kegiatan
Kegiatan Awal
  • Mengadakan tanya jawab tentang air
  • Guru memperlihatkan segelas air
Kegiatan Inti
  • Guru menjelaskan topik yang akan disampaikan
  • Guru membagi siswa dalam 3 kelompok (satu kelompok terdiri dari 9 – 10 siswa)
  • Setiap kelompok ditunjuk ketua kelompok dan sekretaris kelomok
  • Setiap kelompok diberikan urian tugas yang berbeda, kelompok, 1) membahas tentang proses daur air dengan dan Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air (IPA), 2) Membahas / Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume air dalm kubus / balok dalam kehidupan sehari-hari (MATEMATIKA), 3) mambahas tentang / Menuliskan informasi yang didapat dari sebuah wacana Tentang air (BAHASA INDONESIA)
  • Guru mengamati perilaku siswa selama diskusi (keterlibatan, disiplin, kerjasama kelompok dan tanggung jawab)
  • Setelah berdiskusi setiap kelompok mempresentasikan hasil kelompok di depan kelas dan kelompok lainnya mendengarkan dan mengajukan pertanyaan.
  • Guru memberikan tambahan tentang jawaban dari setiap kelompok.
  • Siswa membuat laporan hasil diskusi dan menempelkannya di papan pajangan agar dapat dilihat oleh semua siswa
Kegiatan akhir/ enutup
  • Guru memberikan penghargaan pada kelompok yang paling baik (hasil kerja, kerjasama kelompok, keaktifan dan lainnya) dan memberikan semangat pada kelompok yang belum menunjukkan hasil yang baik.
  • Guru memberikan penjelasan tambahan tentang kekurang-lengkapan informasi yang dilaporkan oleh setiap kelompok.
  • Guru memberikan kesimpulan tentang apa yang telah dipelajari
  • Menutup pelajaran dan memberikan pesan moral bagi para siswa

 

G. Tahap kulminasi

a)      Kegiatan siswa

 

Ø  Menunjukkan hasil kerja yang telah dibuat dalam bentuk laporan

Ø  Membacakan hasil kerja yang telah dibuat di depan kelas

 

b)  Kegiatan Guru

 

Evaluasi Proses

No Nama

Siswa

Aspek Yang di Nilai Ket
Kognitif Afektif Psikomotor
           
           
           
           

Kognitif   :

Kelompok I (IPA)

Ø  Menjelaskan daur ulang air

Ø  Menjelaskan hal-hal yang mempengaruhi daur ulang air

Kelompok II (MATEMATIKA)

Ø  Menjelaskan cara menentukan volum kubus dan balok

Kelompok III (BAHASA INDONESIA)

Ø  Menyebutkan informasi yang telah dibaca dari wacana

 

Afektif     :

Ø  Kerapian

Ø  Mematuhi perintah guru

Ø  Memperhatikan penjelasan guru

 

Psikomotor  :

Ø  Memperlihatkan kedisplinan

Ø  Aktif dalam melaksanakan kegiatan

Ø  Bekerja sama dengan baik

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: